Selasa, 02 Desember 2014

STRATEGI DAN IMPLEMENTASI E-BUSSINESS (Gendy Adam 13.0102.0079)


STRATEGI DAN IMPLEMENTASI E-BUSSINESS

      A.  Pengertian Strategi Bisnis
    Dalam berbisnis, kita memerlukan strategi agar bisnis tersebut dapat tetap bertahan dan selalu mengalami perkembangan secara berkala.
Strategi menurut KBBI adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. (MIT Press, Cambridge, Ma.)
 Jadi, strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan di dalam bisnis nya. Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.

      B.  Tingkatan Strategi E-Bisnis
Dalam Strategi bisnis terdapat pula beberapa tingkatan, tingkatan strategi bisnis tersebut adalah
  1. Tingkat Korporasi
 strategi perusahaan yang memiliki saham (ownership) beberapa perusahaan lain.
  1. Tingkat Bisnis Multi Divisi
 merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.
  1. Tingkat Fungsional
optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikannilai (value) terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers)
  1. Tingkat Operasional
merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional-operasional perusahaan
C. Tahapan Strategi Bisnis 
1. Pengamatan Lingkungan
Analisis Eksternal
  • Lingkungan eksternal : terdiri dari variabel-variabel (kesempatan dan ancaman) yang berada di luar organisasi dan tidak secara khusus ada dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak
  • Lingkungan Kerja : terdiri dari elemen-elemen atau atau kelompok yang secara langsung berpengaruh atau dipengaruhi oleh operasi-operasi utama organisasi
  • Lingkungan Sosial : Terdiri dari kekuatan umum-kekuatan itu tidak berhubungan langsung dengan aktivitas-aktivitas jangka pendek organisasi tetapi dapat dan sering mempengaruhi keputusan-keputusan jangka panjang .
Analisis Internal
  • Struktur, adalah cara bagaimana perusahaan diorganisasikan yang berkenaan dengan komunikasi, wewenang, dan arus kerja
  • Budaya, adalah pola keyakinan, pengharapan, dan nilai-nilai yang dibagikan oleh anggota organisasi
  • Sumber, daya adalah asset yang merupakan bahan baku bagi produksi barang dan jasa organisasi
2. Perumusan Strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk menejemen     efektif dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kelemahan perusahaan
3. Implementasi Strategi adalah prises dimana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan memalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur
4. Evaluasi dan Pengendalian adalah proses yang melaluinya aktivitas-aktivitas perusahaan dan hasil kinerja dimonitor dan kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan
   
      D. Pentingnya Penggunaan IT Dalam Strategi E-Businness
Dalam strategi e-bussiness Penggunaan IT sangat bermanfaat untuk hal, diantaranya yaitu:
   1.      Mengurangi biaya dari proses bisnis
   2.      Mengurangi keunggulan dari pesaing dan dapat memantau harga produk kita tetap kompetiif dengan harga  produk pesaing bisnis.
   3.      Membantu menciptakan priduk dan jenis layanan-layanan baru ,mengubah proses bisnis, dan juga menciptakan pasar baru.  
   4.      Mengelola ekspansi bisnis regional dan global.
   5.      Memperluas dan mendukung strategi relasi bisnis.
   6.      Menerapkan strategi semisal dengan membentuk layanan konsumen melalui situs resmi atau pun e-mail.  
   7.      Dapat lebih efisien dengan peningkatan layanan informasi karyawan,produk dan penggunaan software atau aplikasi yang membantu.


Contoh :
Dalam perusahaan penerbangan Air Asia
   1.      Strategi Penghematan Biaya. Kini Air Asia dapat menekan banyak biaya transportasi dan distribusi. Biaya yang harusnya dikeluarkan saat petinggi perusahaan harus mendatangi rapat di tempat yang jauh, kini tidak diperlukan lagi. Sekarang rapat dapat dimana saja, asal ada device, software dan koneksi internet. Dan penghematan biaya di berbagai sektor itu telah membuat harga tiket menjadi murah, dan customer akirnya banyak yang memilih Air Asia. 

   2.      Strategi Pembedaan. Air Asia dulu belum terkenal seperti sekarang. Karna perkembangan teknologi lah, Air Asia menjadi terkenal seperti sekarang. Promosi lewat media elektronik dan aneka inovasi yang ditawarkan adalah salah satu hal yang membuatnya bangkit dan berkembang. Perkembangan Air Asia tentu tidak secara langsung, perusahan tersebut harus melihat keunggulan perusahaan penerbangan lain, yang informasinya dapat dengan mudah di cari melalui internet.

   3.      Strategi Kerja sama dan Inovasi. Dan dengan berkembangnya dunia internet, kini Air Asia telah menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa hotel dan resort. Dengan membeli tiket penerbangan Air Asia, customer akan mendapatkan discount khusus di hotel atau resort yang bekerja sama dengan Air Asia. Dengan begitu, banyak customer yang akan memanfaatkan momen ini. Dan semua pihak akan merasa diuntungkan. 

   4.      Strategi Peningkatan Pangsa Pasar. Saat ini, iklan yang paling customer lihat dan perhatikan adalah iklan di media elektronik dan web service. Dengan memasang iklan pada kedua media elektronik tersebut, Air Asia dapat meluaskan pasar dan relasi. Air Asia dapat membuka cabang di berbagai kota bahkan negara. Dan customernya pun akan semakin bertambah. 
   
   5.      Strategi Kenyamanan Customer. Saat ini Air Asia tengah mengembangkan websitenya sendiri yang bertajuk AirAsia.com yang menyediakan transaksi online bagi customer yang ingin memesan tiket serta membayar via bank. Dengan ini, customer akan merasa sangat terbantu. Customer tidak perlu jauh – jauh ke Air Asia untuk memesan dan membeli tiket. Customer dapat mengunduhnya melalui internet dan memprintnya sendiri dimanapun.

   6.      Strategi Efisiensi Internal. Dengan adanya jaringan, para pekerja akan merasa sangat terbantu apabila harus bekerjasama dengan rekan kerja yang lain melalui jaringan tersebut. Dan dengan sistem IT yang membuat berbagai program penunjang pekerjaan mereka, mereka akan merasa sangat terbantu. Contohnya sistem informasi keuangan atau akuntansi. Dengan begini, kinerja karyawan pun akan semakin baik. Ini semua dapat terwujud dengan adanya IT dalam dunia bisnis. 

      E.  Strategi Taktis Untuk Sukses Dalam E-Businnes
Ada 7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business, yaitu:
   1)   Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
   2)   Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
   3)   Menciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
   4)   Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
   5)   Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
   6)   Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
   7)   Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.

Pengimplementasian E-business
Perusahaan yang baru memasuki era e-business akan mengalami beberapa perubahan dalam rangka menyesuaikan diri dengan sistem bisnis yang baru.
Berikut ini adalah sebagian dari perubahan-perubahan tersebut :

   1.      Pemasaran yang lebih luas dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi.

   2.      Pertumbuhan dan perkembangan industri dan perusahaan sangat bergantung padainformasi dan pengetahuan.

   3.      Produktivitas lebih diutamakan dibandingkan kehadiran di tempat kerja.

   4.      Produk terbaru dapat dijumpai dalam komunitas e-business, namun usia produkmenjadi singkat.

Di Indonesia user biasanya menggunakan Internet hanya sebatas untuk mengirimkan email, browsing untuk mencari informasi, chatting untuk ngobrol sana-sini dengan teman, berdiskusi melalui forum, milis, dll. Juga men-downloadmusik, video, software, games, eBook untuk kepentingan pribadi atau sekedar hiburan. Namun menurut AsianBrain IMC, terdapat 2 fakta menarik yang harus diketahui, yaitu:
           1.  Bisnis online (e-commerce) saat ini masih dikuasai oleh negara-negara maju. Sementara Negara – Negara berkembang seperti Indonesia dijadikan salah satu target market atau pangsa pasar mereka.
        2.  Sebuah bangsa akan lebih maju, jika masyarakatnya sadar bahwa internet sebenarnya bisa dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis mereka ke seluruh dunia.

    Tantangan besar yang dihadapi dalam penerapan e-business adalah keamanan data, sumberdaya manusianya yang dimiliki. E-business diterapkan untuk sharing informasi baik ke konsumen maupun ke partner bisnis, maka dari itu keamanan data menjadi sangat penting untuk di kembangkan lebih lanjut.
Untuk menanggulangi tantangan tersebut maka solusi yang tepat untuk saat ini adalah pemilihan vendor yang tepat dan bijak, Sugiarsono (2003) menyebutkan bahwa pemilihan konsultan dan outsourcer harus memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut :
            Pemahaman konsultan/outsourcer terhadap bisnis perusahaan.
            Pengalaman dan kompetansi SDM yang dimiliki oleh konsuntan.
            Memiliki alat analisa manfaat biaya berupa business case yang jelas.
         Menyediakan service level agreement yang terjamin dengan layanan yang prima.
            Reputasi dan komitmen jangka panjang.
    Tantangan keamanan data dan kejahatan didalam dunia maya terkait dengan cyberlaw yang ada di Negara yang bersangkutan khususnya hukum yang terdapat di Indonesia, kesiapan Negara untuk menanggulangi kejahatan-kejahatan yang akan terjadi di masa yang akan datang juga menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh kita selanjutnya.

Contoh :

    PT. SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk Indonesia
   a. Lebih dikenalnya perusahaan ini di kalangan masyarakat yang akhirnya dapat  memperluas pangsa pasar perusahaan (sarana promosi).
    b. Adanya peningkatan citra perusahaan di mata pasar.
    c. Terbukanya kesempatan untuk memperoleh investor lain, selain meningkatkan  kepercayaan investor lama.
  d. Timbulnya sikap kecintaan produk dan loyalitas dari konsumen, yang berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan akibat efek domino dari promosi yang  dilakukan melalui website.
   e.Perusahaan dapat menyampaikan berbagai informasi kepada semua pihak yang  berkepentingan dengan cepat, tepat dan efisien.
    f. Perusahaan memperoleh kemudahan dalam proses  rekruitmen karyawan.
                        


Daftar Pustaka



















    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar