Jumat, 07 November 2014

MERANCANG SEBUAH KONSEP PEMBANGUNAN E-BISNIS (Gendy Adam B)


MERANCANG  SEBUAH KONSEP PEMBANGUNAN E-BISNIS
DALAM UKM  “KERAJINAN TANDUK TRADISIONAL MAGELANG”












Disusun Oleh :
                                                                      Nama     : Gendy Adam B
                                                                      NPM     : 13.0102.0079
                                                                      Fakultas : Ekonomi
                                                                      Jurusan  : Akuntansi (B)


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014











BAB  1
PENDAHULUAN

A)    Latar Belakang
            Di era teknologi informasi yang sedemikian cepat saat ini, keberadaan internet telah menjadi salah satu kebutuhan dalam aktivitas keseharian. Jika diperhatikan, jumlah pengguna internet dalam satu dasawarsa terakhir terus mengalami peningkatan. Ini menunjukkan bahwa secara perlahan keberadaan internet sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu efek yang paling terasa dengan adanya internet adalah terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat dunia. Dengan adanya internet, mereka tidak perlu lagi harus berbelanja secara offline karena toko-toko online sudah cukup banyak betebaran di Internet. Cukup duduk manis dirumah, kita tinggal memesan barang dari online store yang dituju dan ketika proses transaksi sudah selesai dilakukan tinggal tunggu saja barang pesanan tersebut sampai dirumah.
            Di satu sisi, keberadaan internet sebenarnya dapat memberikan manfaat langsung bagi para pemilik usaha khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM). Banyak diantara mereka untuk saat ini telah berhasil memasarkan produk-produk hasil kreasinya sampai keluar negeri hanya dengan bermodalkan online store. Cukup efisien dan efektif, sepertinya kedua kata ini menjadi alasan utama kenapa para pelaku UKM menggunakan internet sebagai media promosi sekaligus media berjualan secara online.
            Hal-hal diataslah yang mengantarkan saya untuk tertarik dalam melakukan suatu riset membangun suatu rancangan konsep pembangunan e-bussines agar dapat bermanfaat secara efektif bagi ukm-ukm lain yang mungkin belum mengaplikasikannya,seperti UKM  Kerajinan Tradisional Tanduk di Kota Magelang.

B)    Rumusan Masalah
1)      Apa saja infrastruktur yang dibutuhkan dalam menunjang konsep penjualan melalui sistem online ?
2)      Berapa perkiraan biaya yang dikeluarkan dalam membangun infrastruktur yang dibutuhkan ?
3)      Bagaimana bentuk rancangan desain website dalam konsep penjualan yang efektif bagi UKM “Kerajinan Tradisional Tanduk Magelang”?

C)    Tujuan
1)      Untuk mengetahui infrastruktur yang dibutuhkan dalam menunjang konsep penjualan melalui sistem online tersebut
2)      Untuk mengetahui jumlah biaya yang dikeluarkan dalam membangun infrastruktur yang dibutuhkan tersebut
3)      Untuk mengetahui bentuk rancangan desain website dalam konsep penjualan yang efektif bagi UKM “Kerajinan Tradisional Tanduk Magelang”
BAB 2
PEMBAHASAN

Usaha kerajinan tanduk di desa Pucang Secang Magelang ini sudah berdiri sejak tahun 1960 an. Tangan-tangan terampil warga Pucang tersebut mampu mengubah tanduk kerbau dan sapi maupun beberapa jenis kayu menjadi perkakas rumah tangga dan pernik-pernik aksesoris yang indah dengan sentuhan seni.
Kerajinan tanduk dari daerah itu antara lain centong nasi, mangkok, “cepuk” (tempat perhiasan), sisir, pipa rokok, sendok, dan garpu makan berukir, sedangkan dari bahan kayu menghasilkan produk berupa “solet”, entong, irus, tongkat, dan sisir kutu.
Hasil kerajinan warga Pucang yang terletak sekitar 8-10 km arah timur dari pertigaan Secang di Jalan Semarang-Yogyakarta ini tidak kalah dengan hasil industri modern dari bahan plastik yang kini membanjiri Tanah Air.
Berikut adalah profil pemilik kerajinan ini :

Nama                         : Muhammad Imron
Umur                          : 47 tahun
Alamat                        : Desa Karang Kulon Rt2 Rw 3,Secang Magelang
Pendidikan terakhir     : Sma (Sekolah Menengah Atas)

Menurut sang pemilik kerajinan, Pak Imron,bahwa hasil produksinya ini dikirim ke Yogyakarta,Semarang dan Purworejo.Sistem pemasaranya pun belum menggunakan sistem internet hanya melainkan lewat via telephone,sms maupun tatap muka langsung.
Demi lebih menunjang prospek usahanya,akan lebih baiknya menggunakan media pemasaran yang tepat dan mudah,seperti salah satunya e-commerce.

 v  Untuk penerapan e-commerce pada usaha ini setidaknya membutuhkan infrastruktur yang menunjang usaha tersebut, meliputi :

    1)      Perangkat Keras (Hardware)
a)      Primer
·         Komputer
·         Modem
·         Router
·         Kabel UTP
·         Switch HUB
·         Ethernet card
b)      Sekunder
·         Kamera Digital

    2)      Perangkat Lunak (Software)
·         Bagian pendukung untuk memperlancar usaha ini tidak lain adalah dengan microsoft office, software ini digunakan untuk pencatatan, mengitung pemasukan, pengeluaran serta asset usaha (mencatat pelaporan keuangan).
·         Untuk terhubung ke Internet bisa melalui Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dll.
·         Selanjutnya untuk pendesainan web dapat menggunakan Macromedia Dreamweaver 2004 MX, notepad, MPP, Mc Assess. Ada juga Adobe Photoshop CS5 yang  mempermudah untuk mendesain gambar- gambar untuk mendukung pembuatan website dan atau blog, gambar-gambar mengenai produk dll.


 v  Analisis Biaya
       
Anggaran yang diperlukan untuk membangun infrastruktur website dan pada penggunaan website menggunaan 2 komputer yaitu sebagai admin untuk menyetir dan mengontrol serta sekaligus dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan. satunya untuk  operator yang mengoperasikan kegiatan jual , promosi dan memperbarui  informasi.

No
Unit
Yang diperlukan
Biaya
1.
1 set
Komputer , laptop dan printer
Rp. 9.000.000
2.
1
Modem
Rp.    400.000
3.
1
Kabel UTP
Rp.      80.000
4.
1
Switch HUB
Rp.    300.000
5.
1
Ethernet Card
Rp.    150.000
6.
1
Kamera Digital
Rp. 2.500.000
7.
1
Biaya tambahan
Rp.    200.000
8.
1
Hosting dan domain
Rp.    200.000
9.
1
Biaya pemasangan
Rp.    300.000
Jumlah
Rp. 13.130.000

Apabila hanya menggunakan media sosial ( facebook, twitter dan blog) , bisa dengan praktis dilakukan oleh 1 orang karena ini tidak rumit serta akan lebih menghemat pengeluaran, yaitu :

No
Unit
Yang diperlukan
Biaya
1.
1 set
Komputer + printer
Rp. 7.000.000
2.
1
Modem
Rp.    400.000
3.
1
Kamera Digital
Rp. 2.500.000
Jumlah
Rp. 9.900.000








    Rancangan Desain Website
    Website yang akan dibuat setidaknya harus mengandung beberapa konten, seperti
a)      Home: membahas tentang gambaran umum dari usaha kerajinan tanduk ini.
b)      Produk dan harga: spesifikasi dari ukuran, bentuk, serta harga untuk setiap spesifikasi tersebut. 
c)      Cara Pemesanan produk tersedia.
d)      Cara Pemesanan produk permintaan khusus.
e)      Tata cara pembayaran.



BAB 3
KESIMPULAN

       Berdasarkan rincian perancangan yang telah dibuat , dapat ditarik kesimpulan bahwa sangat perlu diadakan penjualan berbasis online ( internet) untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan respon positif dari para konsumen.
Harapan saya dengan dibuatnya konsep pembangunan e-commerce pada usaha “Kerajinan Tanduk “ ini akan mempermudah serta mengefisienkan dalam pemasaran dan pengelolaan usaha ini, sehingga lebih membuat usaha ini maju dan dikenali oleh calon konsumen, sehingga akan meningkatkan produksi yang dihasilkan dan memberikan berbagai manfaat bagi pemilik. Dari sisi konsumen juga akan menambah kepuasan yang diperoleh karena mudah, cepat, serta sesuai dengan apa yang diinginkan.




 
               




Tidak ada komentar:

Posting Komentar