Sebelum
kita mengetahui lebih jauh tentang pemanfaatan teknologi internet,alangkah
lebih baiknya kita mengetahui “Apa Itu Internet”.
Pengertian Internet
Internet adalah kumpulan jaringan
dari jaringan-jaringan komputer dunia yang terdiri dari jutaan unit-unti kecil,
seperti jaringan pendidikan, jaringan bisnis, jaringan pemerintahan, dan
lain-lain, yang secara bersama menyediakan layanan informasi seperti e-mail,
online chat, transfer file, dan saling keterhubungan antara satu halaman web
dengan sumber halaman web yang lainnya.
Sejauh ini di Indonesia,
penggunaan internet untuk menunjang aktivitas bisnis dan strategi bisnis masih
terbilang cukup minim, internet lebih sering digunakan untuk alat pertukaran
informasi. Masalah yang dihadapi dalam hal ini adalah pemain bisnis utama di
Indonesia dimana sebagian besar adalah kalangan tua, mereka dirasa masih kurang
memahami secara mendalam mengenai internet bahkan komputer.
Dari observasi yang dilakukan
secara sederhana, ternyata penggunaan internet dalam bisnis sangat
menguntungkan bagi perusahaan, karena mereka dapat bertransaksi menembus batas
ruang dan waktu, menekan biaya-biaya yang biasanya dikenakan pada perusahaan,
seperti: biaya sewa gedung, biaya operasional gedung, dan lain-lain yang
berhubungan dengan bentuk fisik, juga mereka dapat berinteraksi secara langsung
antara pembeli dan penjual.
Aplikasi berdasarkan internet
dapat memberi keunggulan strategi bisnis untuk memenangkan kompetisi
dalam:
a. Global Dissemination. Karena
sekarang negara-negara sudah tersambung dengan internet, komunikasi global
dalam bisnis menjadi benar-benar hidup. E-mail, electronic mailing list, situs
World Wide Web, dan pelayanan internet lainnya, mengakibatkan penyebaran
informasi sekala internasional menjadi lebih cepat, murah dan mudah. Hal ini
memberi keuntungan strategi bisnis dalam meningkatkan penghematan dan efisiensi
komunikasi global, dan mampu untuk menjangkau, menjual, serta pengembangan
pelayanan pasar konsumen internasional.
b. Interaction. Komunikasi
interaktif adalah kemampuan internet yang lain, seperti: forum diskusi dan chat
groups; Formulir interaktif untuk pesanan, feedback, dan dukungan teknis;
E-mail untuk menjawab permintaan dan komentar secara on-line. Feedback yang
cepat dan efisien kepada konsumen dan tanggapan dari konsumen support
specialists memberi beberapa kesempatan untuk menunjukkan perhatian perusahaan
pada konsumennya. Sehingga teknologi internet membantu bisnis membangun peranan
dan loyalitas konsumen.
c. Customization. Kemampuan untuk
mengotomatisasi penyediaan informasi dan pelayanan sesuai kebutuhan
masing-masing konsumen, merupakan kemampuan strategi bisnis internet. Informasi
dapat diakses dan disebarkan dari server jaringan, tergantung pada kebutuhan
pemakainya.
d. Collaboration. Internet
mungkin memudahkan dan mengefisienkan akses data, hardware dan software yang
ada pada jaringan secara bersama.
e. Electronic Commerce. Internet
menjadi platform teknologi EC. Internet menghubungkan perusahaan dengan
konsumen dan penjualnya, sehingga memungkinkan perusahaan pengguna internet
dapat memasarkan, membeli, menjual, serta mendukung produk dan pelayanan secara
elektronik.
f. Integration. Perusahaan yang
bekerja menggunakan internet mengintegrasikan aktivitas di luar dengan proses
bisnis di dalam perusahaan secara online.
Keuntungan Yang Diperoleh Konsumen
Dari Internet
Untuk beberapa perusahaan, keuntungan yang
diperoleh dari internet ditimbulkan dari kemampuan menjaga loyalitas konsumen,
mengantisipasi kebutuhan konsumen mendatang, menanggapi kepedulian konsumen,
dan memperbaiki pelayanan konsumen. Dari sudut pandang konsumen, perusahaan
secara konsisten dapat memberikan yang terbaik, dengan menjaga kebutuhan
masing-masing konsumen, mempertahankan kecenderungan pasar, menyediakan
informasi yang ada hubungannya secara menarik, sewaktu-waktu, dimana saja dalam
beberapa media, dan menyediakan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Hal tersebut di atas menunjukkan
alasan kenapa begitu banyak perusahaan berinvestasi pada teknologi informasi
cukup tinggi dan sistem komplek yang saling tersambung dengan jaringan
komputer, mengingat perusahaan sedang mencari konsumennya lewat internet.
Karena kebutuhan konsumen berkembang sangat cepat, perusahaan berharap dapat
berkomunikasi dengan konsumennya lewat internet. Sehingga internet menjadi
strategi dan memberi kesempatan kepada perusahaan besar dan kecil untuk
menawarkan secara cepat dengan biaya murah, menanggapi produk dan pelayanan
dengan kualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Internet membuat
channel baru untuk komunikasi interaktif antara kosumen, penjual, dan rekan
bisnis lainnya. Hal ini memungkinkan perusahaan berinteraksi dan bekerja sama
secara terus menerus dalam pengembangan produk, pemasaran, pengiriman,
pelayanan, dan dukungan teknik.
Sekian Dan Terima Kasih,Semoga
Bermanfaat
By : Gendy Adam B
Akuntansi B
NPM : 13.0102.0079
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar